Senin, 07 Mei 2012

Asal Usul Coklat


 
Coklat dihasilkan dari biji kakao (Theobroma cacao) yang tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Biji kakao pada awalnya digunakan oleh bangsa Honduras untuk membuat minuman beralkohol. Mereka mengambil selaput putih yang terdapat pada biji kakao sebagai sumber gula. 

Biji kakao baru diolah sebagai minuman coklat pada abad 400 SM oleh suku Maya. Kala itu, yang menikmatinya adalah kalangan bangsawan. Pada awal abad ke-17, coklat masuk ke benua Eropa. Coklat menjadi minuman penyegar yang digemari di istana Spanyol. Ketika masuk Eropa inilah, harga coklat bisa diturunkan sehingga dapat dinikmati oleh kalangan rakyat biasa.

Coklat padat baru ditemukan pada 1847. Biji kakao difermentasi, dikeringkan, dipanggang, dan digiling. Setelah itu, dicampur dengan gula, susu, dan vanila sehingga menghasilkan coklat susu (milk chocolate). Coklat jenis inilah yang paling disukai bangsa Eropa dan sampai sekarang begitu terkenal di seluruh dunia. 

Industri coklat yang pertama didirikan oleh Cadbury bersaudara. John Cadbury memulai usahanya dengan membuka toko yang menjual kopi, teh, dan minuman coklat di Birmingham, Inggris pada 1824. Tahun 1879, para penerus membuat pabrik minuman coklat dan pengolahan kakao di desa Bournbrook. Pabrik tersebut sangat maju. Sampai sekarang, Cadbury menjadi salah satu produsen coklat terbesar, produknya dijual di berbagai belahan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar